Selasa, 01 Februari 2011

Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara



Ki Hajar Dewantara adalah Bapak Pendidikan kita. Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Suwardi Suryaningrat lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Oleh karena itu, hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, sesuai dengan tanggal kelahiran beliau.

Ajaran beliau yang terkenal hingga saat ini adalah tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, dan ing ngarsa sungtulada. Bahkan salah satu ajaranya, yaitu tut wuri handayani dipakai sebagai lambang Departemen Pendidikan Nasional. Tut wuri handayani berarti meberikan dukungan dari belakang.

Pada zaman penjajahan Belanda, Ki Hajar Dewantara selalu menentang Belanda. Akibatnya, beliau dihukum dan dibuang ke Pulau Bangka. Setelah lepas dari hukuman, beliau mendirikan sekolah Perguruan Taman Siswa pada tanggal 3 Juli 1922. Murid - murid di sekolah ini diajarkan untuk mencintai bangsa dan tanah air serta berjuang untuk memperoleh kemerdekaan. Setelah Indonesia merdeka, Ki Hajar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama.

Beliau wafat pada tanggal 28 April 1959 di Yogyakarta. Sudah banyak jasa beliau untuk pendidikan Indonesia. Nah, saat ini kalian yang punya kesempatan dan biaya untuk sekolah, jangan sia-siakan waktumu. Kalian juga harus bersyukur bisa sekolah dengan tenang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar