Selasa, 01 Februari 2011

Palang Merah


 Palang Merah

 


Pernahkan kamu mendengar nama Henry Dunant? Ia adalah tokoh yang mempelopori berdirinya Palang Merah Internasional pada tahun 1863.

Di Indonesia, kita mengenal pula istilah PMI (Palang Merah Indonesia). Organisasi ini berdiri pada tanggal 17 September 1945. Saat itu, PMI diketuai oleh Drs. Mohammad Hatta. Pada awalnya, tujuan PMI sama dengan tujuan Palang Merah Internasional, yaitu membantu para korban perang tanpa membedakan suku, bangsa, dan agama.

Akan tetapi, sekarang tujuan PMI telah berkembang. PMI tidak hanya membantu korban perang, melainkan juga meringankan penderitaan para korban letusan gunung berapi, banjir, wabah penyakit, tanah longsor, kebakaran, dan lain-lain.

Untuk mencapai tujuan itu, PMI juga melibatkan para pelajar. Mereka ikut mengedarkan kupon PMI, mengumpulakan makanan, dan pakaian. Ditingkat SMP dan SMA, ada kegiatan ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR). Kegiatan PMR bertujuan untuk melatih para remaja agar memiliki kepekaan sosial. Mereka melaksanakan tugas-tugas dengan ikhlas demi meringankan beban penderitaan sesama manusia.






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar